Blog, News

Trending – Seni Tari Kecak Dan Maknanya

Newsletter EP – September 2020

Properti Official

Tahukah kamu di Bali ada sebuah tarian yang sangat ter- kenal akan makna dan sejarahn- ya. Yak, betul sekali! Tarian yang dimaksud adalah Tari Kecak. Tarian kolosal ini adalah salah satu bentuk tari dan drama music Hindu Bali yang dikem- bangkan pada tahun 1930-an di Bali. Sejak Pembentukannya Tari Kecak dipertunjukan oleh 150 orang laki-laki yang duduk ber- baris membentuk pola meling- kar dan menggunakan kain ko- tak-kotak di pinggang mereka, dengan perkusi melantunkan “chak, chak, chak” sambil meng- gerakan tangan dan lengan mereka.

Tarian Kecak memiliki makna dan sejarah yang menarik, di tahun 1930-an, seniman Bali bernama Wayan Limbak dan pe- lukis asal Jerman bernama Walter Spies menciptakan tarian kecak. Tarian ini terinspirasi dari ritual tradisional yang dilakukan masyarakat Bali yang kemudian diadaptasi dalam cerita Ra- mayana dalam kepercayaan Hindu untuk dipertontonkan se- bagai pertunjukkan seni saat turis datang ke Bali sebagai Fes- tival tari kecak.

Kamu yang belum pernah menyaksikan tari kecak secara langsung, kamu bisa datang ke GWK (Garuda Wisnu Kencana) di daerah Uluwatu dan membeli tiketnya. Ketika kamu menonton tari kecak, kamu akan mendapat semacam script singkat yang bisa kamu baca agar mengerti maknanya.

Pertunjukan dengan durasi satu jam ini memulai ceritanya dengan peng- gambaran Kisah Ramayana saat Rama dan Shinta diasingkan di hutan Dandaka . Pertunjukan terse- but menghidupkan kembali penampilan Kijang Emas, pencu- likan Shinta oleh Rahwana , pertem- puran antara Rahwana dan Jatayu , pencarian Shinta oleh Hanuman , dan diakhiri dengan pertempuran antara Rama dan Rahwana. Para pe-lantun kecak melantunkan dan men- yanyi sesuai dengan suasana hati dan lingkungan cerita.

Namun di masa pandemi ini, tari kecak agak berbeda. Para penari menggunakan APD dan juga pe- nonton diwajibkan untuk menja- ga jarak demi pencegahan virus corona.Protokol kesehatan harus tetap di jalankan serta men- dukung budaya lokal yang Indo- nesia Miliki agar Sektor Pariwisa- ta tetap berkembang dimasa pandemi ini. Penasaran? Yang sudah berencana liburan ke Bali, jangan lupa cari waktu dan man- faatkan kesempatan ini.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *